Etika Minum

Setiap hari kita selalu melakukan aktifitas minum. Karena aktifitas harian, maka jika kita lakukan dengan baik sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, akan menjadi kebiasaan yang baik mempengaruhi jiwa.


Rasulullah SAW mengajarkan cara minum sebagai berikut:
  • Membaca Basmalah sebelum minum
Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya."
(HR. Muslim dan Ahmad).
  • Minum Dengan Tangan Kanan
Rasulullah SAW bersabda,
"Jika salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia makan dengan tangan kanannya dan jika ia minum maka hendaklah ia minum dengan tangan kanannya. Setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya."
(HR. At-Tirmidzi dan Abu Dawud).
  • Minum Dengan Duduk
Minum lebih utama dengan duduk, tapi diperbolehkan berdiri.
Rasulullah SAW bersabda dalam minum air zamzam dalam proses berdiri,
"Dari Ibnu Abbas ra, Nabi SAW meminum air zamzam dari timba dalam keadaan berdiri."
(HR. Bukhari dan Muslim).
  • Meminum Tiga Kali Tegukan
Maksudnya adalah kita minum jangan sekali teguk saja, namun bertahap meski sampai tiga kali tegukan, dan ambil nafas di sela-selanya, di luar gelas.
  • Tidak Meniup dan menghembuskan nafas ke dalam tempat air
  • Tidak minum pada mulut poci dan sebagainya.
  • Memuji Allah SWT setelah minum.
Nabi SAW bersabda,
"Sesungguhnya Allah benar-benar meridhai hambanya yang minum minuman, lalu memuji Allah atas nikmat tersebut."
(HR. Muslim dan At-Tirmidzi).

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Etika Minum"

  1. Sungguh kawan,Saya pernah dimarahi guru ngaji saya ketika minum mengangkat gelas pake tangan kiri saya.Alasannya saya jumpai disini,makasih Gan ya.

    ReplyDelete
  2. makasi infonya jadi tau etika minum yg benar

    ReplyDelete
  3. hemm begitu ya gan?btw dune tuday maaf gan baru OL :D

    ReplyDelete
  4. sepakat gan...dalam makan dan minum harus mempunyai etika seperti yang dianjurkan oleh rasulullah...

    mohon maaf lahir bathin

    ReplyDelete
  5. kalo yang 'Tidak Meniup dan menghembuskan nafas ke dalam tempat air' aku pernah membacanya di kitab Hadis Bulughul Maram...

    ReplyDelete
  6. Lho kadang aq niup kalo minum kopi xixixiLho kadang aq niup kalo minum kopi xixixi

    ReplyDelete
  7. Hehehe. ..Waduh banyak yg ndak ane lakuin. .Minum dari poci aja prnah. .Wkwkwk

    ReplyDelete
  8. gw sich cuma baca doa dan minum tangan ja yg betul ..
    yg lain gak gw lakuin bro.. hehe

    ReplyDelete
  9. mantab bro..
    tpi kadang lupa :p

    ReplyDelete
  10. nice share..
    jika minum teh hangat, saya sring menghembusnya gan,, krn panas ^^

    ReplyDelete
  11. kalau cara mengatur minum 8 gelas sehari bagaimana?

    manajemen waktunya maksudnya

    ReplyDelete
  12. ajib .... kembali mengingatkan saya ... terima kasih sobat. salam blogger

    ReplyDelete
  13. posting yang asyik... hal yang sangat simpel malah sering kita lupakan,, thank sob

    ReplyDelete

Labels