Mencegah Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala sebelah dan tidak seluruh bagian kepala sakit semua. Migrain bisa terjadi beberapa kali dalam seminggu, dapat juga hanya satu atau dua kali setahun.
Tubuh bisa lemah selama beberapa hari saat terjadi migrain dan biasanya serangan pertama muncul di usia 30 tahun.

Karakteristik Migrain
Migrain dapat dikenali dari karakteristiknya, hampir setengah penderita mengalami gangguan penglihatan sebagai gejala awal, penderita sukar berbicara, bingung, tangan dan kaki lemah.
Tanda-tanda ini biasanya terjadi 10-30 menit sebelum sakit migrain menyerang.

Tanda-tanda yang umum pada semua jenis migrain adalah sakit kalau kepala digerakkan, timbul rasa mual, muntah, merasa tidak enak kalau terkena sinar atau mendengar suara keras.

Makanan Penyebab.
Secara umum yang mendorong timbulnya migrain adalah stres, lapar dan dehidrasi. Banyak wanita yang mengalami migrain pada saat menstruasi. Migrain juga bisa karena tidak tahan terhadap makanan tertentu seperti keju, coklat atau anggur merah. Kekurangan mineral magnesium bisa menyebabkan migrain.

Pencegahan.
Untuk mengurangi resiko migrain, makanlah secara teratur banyak asupan air putih serta banyak mengkonsumsi makanan sumber magnesium.
Banyak minum air putih penting karena dehidrasi merupakan salah satu pemicu migrain. Tubuh akan mengambil air dari aliran darah dan jaringan tubuh lainnya jika kekurangan cairan.
Pembuluh darah akan mengerut dalam upaya mempertahankan cairan tubuh dan ini yang menyebabkan sakit kepala.

Sumber magnesium adalah:
  • Biji-bijian seperti kacang-kacangan dan sayuran.
  • Tahu.
  • Beras merah. sereal. brokoli. bayam.
  • Kangkung
  • dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Mencegah Migrain"

  1. sebagai pencerahan aja gan.. sekarang dah banyak pilihan obat untuk migrain gan.. tidak di sarankan sih cuman kalo tidak tahan mengatasi nyeri sewaktu migrain datang.. tidak ada salahnya kalo mengkonsumsi obat2-an. tetapi harus sesuai petunjuk ahlinya lah...

    ReplyDelete
  2. waw..semoga kita gak kena migrain deh..tapi pencegahan yang baik sob,oh ya jangan lupa jga komen balik di blogku ya

    ReplyDelete
  3. makasih infonya
    semoga dengan pencegahan ini, saya tidak terserang migran.. amien
    share ke blog saya yuk

    ReplyDelete
  4. Plng sering migrain kalo hbs dtng bulan. Mgkn krng minum aer jg :)
    Bs di praktekan nich Plng sering migrain kalo hbs dtng bulan. Mgkn krng minum aer jg :)
    Bs di praktekan nich

    ReplyDelete
  5. saya cukup sering mengalami migran dan itu cukup membuat tdk nyaman, bayangkan kita kena migran di saat2 sibuk, kan bs jd masalah jg, dengan tips diatas saya jd lebih tau, thx sharenya bos

    ReplyDelete
  6. Sahabat sebetulnya bahaya tidak sih, penyakit migrain itu :)

    ReplyDelete
  7. waduh,,
    kalo pacar juga bisa buat skit migran lho bos..
    ane prnah ngalami mslah'y :p
    ahahahaha..

    ReplyDelete
  8. wah Bos gw sering mengalami migrain kalo lagi banyak pikiran.
    Selamat om Obat sakit dapet pagerangking 3 nih...
    Toyota Community masih Pagerangking 2 ni om...
    Selamat lah buat si Om

    ReplyDelete
  9. makasih infonya gan...aku sering kena migrain baru tau penyebabnya.:)

    ReplyDelete
  10. semoga jauh deh penyakit ini.. hehehe

    ReplyDelete
  11. lapar yang ditahan selain bisa sebabkan sakit lambung juga migrain ya ternyata..

    tengkyu infonya, menjaga pola makan dan minum yang terpenting ya...., untung aku suka tahu kang hehehe.. :)

    ReplyDelete
  12. Kalau migran karena ada gigi yang sakit, apa itu bisa dikatakan sebagai migran? :)

    ReplyDelete
  13. penyakit yg satu ini emng buat gak enaak

    ReplyDelete
  14. migrain datagnya sama dgn darah tinggi ya ??

    ReplyDelete
  15. wah info yang baik nih sip... :)
    migren memang sangat ga mengenakkan badan,,

    ReplyDelete
  16. saya sering migrain, krn kurang istirahat kali ya, apalagi kl dah lama nongkrong di depan komp.

    ReplyDelete

Labels