Kenali Penyakit Dari Kantuk

Mengantuk dikenal sebagai gejala normal yang kerap dirasakan oleh manusia. Namun, ternyata kantuk yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu gejala gangguan kesehatan.

Mengantuk merupakan salah satu respon tubuh yang normal, yang menandakan bahwa tubuh sudah lelah. Seperti dikatakan di atas, bahwa mengantuk itu normal, namun Anda patut berhati-hati jika merasa kantuk yang berlebihan walaupun Anda sudah mendapatkan tidur yang cukup.


Tak hanya hati-hati, bahkan Anda justru harus khawatir ketika rasa kantuk datang terlalu sering, karena berdasarkan penelitian ilmuwan Amerika Serikat, rasa kantuk yang berlebihan setiap hari merupakan tanda awal serangan stroke. Orang yang sering mengantuk beresiko mengalami stroke dua hingga empat kali lebih tinggi.

Resiko Meningkat.
Sangat disarankan untuk lebih sering memeriksakan diri bagi yang usianya sudah lanjut, apakah mereka mudah tertidur ketika menonton tv atau tidak, karena resiko stroke terhadap orang yang sudah lanjut usia jauh lebih tinggi.
Sementara itu, orang yang mengantuk secara sangat berlebihan, resiko terkena stroke meningkat 4.5 kali lebih besar.






Peneitian juga menemukan bahwa resiko serangan jantung atau kematian akibat penyakit kardiovaskular ikut meningkat akibat mengantuk secara berlebihan setiap hari.
Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak selalu orang yang sering mengantuk itu sakit stroke.

Orang yang menderita apnoea (tiba-tiba berhenti nafas sejenak saat tidur) memiliki resiko tinggi terkena stroke. Bisa jadi, rasa kantuk pada siang hari akibat dari kurangnya kualitas tidur malam, itu juga terkait apnoea.

Gangguan Tidur.
Pasien yang mengalami apnoea meningkatkan level tekanan darahnya sepanjang malam, dan salah satu penyebab potensial dari hal ini bisa jadi karena kerusakan jaringan otak. Kerusakan itulah yang mengakibatkan rasa kantuk selama seharian.





Jika Anda sering mengantuk, namun juga diiringi dengan gejala lainnya seperti tekanan darah meningkat, irama jantung yang tidak bagus, atau dengan gejala stroke yang lain, baru Anda bisa dikatakan memang mengalami gejala stroke.

Selain itu, sering mengantuk bisa jadi merupakan tanda dari turunnya kesadaran, misalnya orang yang baru saja mengalami kecelakaan atau trauma kepala yang berat, bisa jadi mengalami penurunan kesadaran dan mengalami kantuk yang berlebihan.

Mengantuk yang berlebihan bisa juga dikarenakan sleep disorder atau gangguan tidur. Jika sudah mengalami gangguan tidur, maka akan mengalami gangguan metabolic yang dapat mengakibatkan autoimun disease seperti stroke atau multiple sclerosis.

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Kenali Penyakit Dari Kantuk"

  1. ouh jadi gimana ya hendak menghindarkannya ?

    ReplyDelete
  2. wah saya sering ngantuk tuh sob, tapi nggak pernah ngalami gejala yang mas sebutin di artikel, berarti normal ya??

    ReplyDelete
  3. ane ngantuknya jarang kang!lebih sering insomnia,,

    ReplyDelete
  4. ane ngantuk nya kalau udah siang gan.. soal nya malam gak tidur.. hahahaa

    ReplyDelete
  5. wah padahal kalo saya lagi nonton tivi juga diganti tivi yang jadi nonton saya ne, saya mudah ngantuk ni gan

    ReplyDelete
  6. ngantuknya waktu kerja gan...
    wah PR3 y gan...mantep banget gan

    ReplyDelete
  7. Sering ngantuk bisa juga disebabkan penyakit diabetes :)

    ReplyDelete
  8. Kalau saya memang sering ngantuk banget pada saat sekitar jam 7.30 pagi ketika baru nyampek kerjaan.Apakah itu tanda-tanda penyebab seperti artikel tersebut di atas. Adakah solusi yg terbaik...tak tunggu ya. Terima-kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  9. nah, suka sekali ngantuk saat di skola dan susah bgt utk merhtkn & menyrap peljrn dr guru, mungkin saya jg seperti penyakit diatas ya? ih tapi amitamit

    ReplyDelete
  10. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    ReplyDelete
  11. suka ngantuk bisa disebabkan kurangnya aktivitas,,,

    ReplyDelete
  12. anee kesal bnget rasa ngantuk menyerang ane di wktu beraktivitas, pa lg di wktu belajaar,,..solusi n Ya,, g a N

    ReplyDelete