Khasiat Cincao Hitam

Cincau hitam atau Cao atau Mesona Palustris BL tidak hanya menyegarkan tubuh kita bila diminum dengan es, namun cincau juga memiliki kandungan alami untuk mengobati kanker.

Cincau ini dimanfaatkan sebagai minuman tradisional yang berkhasiat sebagai obat hipertensi, diabetes, penurun panas dalam, demam, sakit perut, dan sakit diare di berbagai negara seperti Tiongkok, Taiwan, Korea, Jepang, Singapura dan Malaysia.



Kandungan Cincao.
Air cincau hitam tersebut direbus janggelan kering sehingga diperoleh ekstrak yang berwarna hitam.
Ekstrak cincau mengandung senyawa fenol 17.3 persen, steroid 0.23 persen, flavoid 1.34 persen dan asam kafeat 50.14 ppm.
Bahan-bahan tersebut merupakan senyawa bioaktif yang berfungsi untuk anti oksidan.


Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ekstrak air cincau hitam bersifat imunomudolator, yaitu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dalam keadaan sehat maupun sakit.

Selain itu, ekstrak cincau hitam bersifat kemoproventif terhadap proses karsinogenesis yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker dengan sistem imuno.

Cara Pembuatan Cincau hitam:
Cincau hitam keriong direbus air dengan perbandingan 1:20.
Artinya tiap satu gram cincau hitam kering harus direbus dengan 20 mililiter air.

Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Khasiat Cincao Hitam"

  1. Cao ini banyak khasiatnya serta dingin di perut bila di konsumsi

    ReplyDelete
  2. Bisa menghambat pertumbuhan kanker pula

    ReplyDelete
  3. Saya sering konsumsi cincau pas bln ramadhan. .Seger gitu. . .Enak lagi

    ReplyDelete
  4. wah... selain rasanya yang enak, juga mengandung khasiat tersendiri... apalagi pas ramadhan kalo di santap bersama kurma, bisa bikin tubuh sehat deh :D

    ReplyDelete
  5. cincau ini kan yang biasanya di jadikan salah satu pelengkap pembuatas es campur,kan? Saya baru mengetahui dari sobat ini klo ada khasiat yang mujarab dr cincau. :D

    ReplyDelete
  6. cincau ternyata banyak manfaatnya juga ya...

    Thanks infonya kawan

    ReplyDelete
  7. enak banget dimakan dg es seger rasanya
    Aku suka banget ternyata banyak kasiatnya... :)

    info yg selalu bagus...::)

    ReplyDelete
  8. tak rugi jika hampir tiap siang aku beli es cingcau gula jawa. Hmmm....enak segar rasanya juga kaya manfaat rupanya.

    Btw, Tengkyuuuuuu....da dibuatin ruang yg lebih ayu. Seeppp!!! Jempol 2.

    ReplyDelete
  9. Brrrr, cincau memang bagus, saya suka banget nih mas :D

    ReplyDelete
  10. wah gak nyangka ,ternyata cincau bnyk mnfaatnya,jdi inget wktu berbuka puasa pas bulan ramadhan..

    ReplyDelete
  11. tak rugi jika hampir tiap siang aku beli es cingcau gula jawa. Hmmm....enak segar rasanya juga kaya manfaat rupanya.

    Btw, Tengkyuuuuuu....kebunku jd lebih ayu. Seeppp!!! Jempol 2.

    ReplyDelete
  12. cincau hijau selain wenak dimakan ternyata bisa mengobati kanker mantab

    ReplyDelete
  13. yap gan :) selain enak banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  14. Wah enak ni klau gtu,.apalagi d'cmpur es..mantep dah gan..terima kasih gan ilmunya

    ReplyDelete
  15. enak banget klo pke es...sueger

    ReplyDelete
  16. khasiatnya banyak ya gan, tp entah kenapa saya kurang suka cincao hitam.:D

    ReplyDelete
  17. mantap gan,.,tapi sayangnya banyak pemberitaan tak sedap seputar cincau yang mana menggunakan pewarna Tekstil,menurut sobat bagaimana?

    ReplyDelete
  18. Cincau enak sekali tuh sob.. pelepas dahaga..

    ReplyDelete
  19. aku suka tuh ama cincau, baru tau nih ternyata ada khasiatnya ya.. terima kasih ya..

    ReplyDelete
  20. Ini kesukaan keluargaku..Selama sebulan penuh bulan puasa, setiap buka puasa kami selalu komsumsi air cincau ini dg berbagai macam variasi campurannya....
    Tapi kenapa ya..kalau di hari biasa cincau ini tidak ada yg jual, kecuali di mall..

    ReplyDelete
  21. aku suka cincau di campur soya.. enak.. heheh

    ReplyDelete
  22. Yang mo beli bibit pohon CINCAO kami sedia banyak dan stock ready silakan contak 082136712513 Trims Prabowo Jogja

    ReplyDelete
  23. selamat malam, saya Darmadi mohon petunjuk budi daya cincau hitam.
    saya mau membeli bibitnya,dan saya mohon mnta nomer tlpnya untuk konfirmasi lebih lanjut.
    maturnuwun

    ReplyDelete
  24. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    ReplyDelete
  25. Menambah info aja soal manfaat teh cincau yang semakin dirasakan oleh banyak orang.

    Teh cincau murni lebih mudah dalam aplikasi nya.

    www.tehcincau.tk

    ReplyDelete