lazada

Minggu, 15 Mei 2011

Ikan Sapu-Sapu

Daging dari ikan sapu-sapu mudah tercemar logam berat, karena dia berada di air yang tercemar, yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit pada manusia.
Seperti penyakit gangguan ginjal, sakit gangguan lambung dan sakit kerapuhan tulang.




Adalah siomay yang biasanya terbuat dari ikan sapu-sapu, akan berbau agak amis dan keras.
Secara kasat mata sangat sulit membedakan mana ikan sapu-sapu yang tercemar logam dan mana yang tidak.
Pasalnya, warna dagingnya sama.

Sanitasi dan sistem perairan di sekitar penambakan ikan sapu-sapu kurang berfungsi dengan baik, bahkan sampah ada yang menumpuk di kali.

36 komentar:

  1. harus hati-hati dalam memilih makanan yang memiliki kandungan ikan sapu-sapu ini

    BalasHapus
  2. penyakit yang ditimbulkan akan berbahaya karena kandungan logam di dalamnya

    BalasHapus
  3. kok aku baru tahu jenis ikan sapu-sapu ini.
    Untungnya aku gak begitu suka siomay hehe...

    BalasHapus
  4. wadduduhhhh harus hati2 nie stlah mmbaca ini..thanks sob infonya...!sngat bermnfaat...

    BalasHapus
  5. waduh siomay pake ikan sapu-sapu kirain pake ikan tengiri klo gitu harus hati-hati mau siomay ya gan

    BalasHapus
  6. wah somay sapu sapu dong.. gimana rasanya tuh?

    BalasHapus
  7. samakah dg ikan pembersih kaca?? kok kayaknya mirip

    BalasHapus
  8. ikan yang suka bersih-bersih tapi ternyata banyak mengandung kandungan berbahaya jika dikonsumsi...

    BalasHapus
  9. waduh...baru tau kalo siomay dibuat dari ikan sapu-sapu...

    BalasHapus
  10. kayak nya keren kalo di pelihara di aquarium tuh mas.. :D

    BalasHapus
  11. kalau ditempatku nggak di makan gan.

    BalasHapus
  12. Kalau di daerah saya,palembang hal ini bnyak terjadi . . Bahkan sapu lantai pun di ganti sama ikan sapu2. Ckckck

    BalasHapus
  13. Dikota besar, ikan sapu² memang sudah tercemar logam karena air kali yg sudah tercemar:) kalau di Parapat City, air kali masih jernih :D
    by the way, di t4 kami ikan ini tidak dikonsumsi, biasanya digunakan untuk membersihkan isi aquarium dari kotoran...

    BalasHapus
  14. x pnh lg tngok ikan ni scara real..
    tngok dlm tv slalu jg..
    blh mkn ke ikan ni?
    oooo..
    TK baru tau..
    hehe..

    BalasHapus
  15. waahhh, bahaya neh, gue juga pernah liat soal ini di berita..agak ngeri juga seh..

    BalasHapus
  16. dulu saya juga ada ikan unik ini,, kebiasaannya lucu ya, makan lumut di akuarium.....

    BalasHapus
  17. ngeri juga klo beli otak2 di jakarta sob...enak sih tapi tkut klo ada campurannya ikan sapu2

    BalasHapus
  18. waahhhh...
    d't4 ane bnyak bgd sob..
    d'rmh ane jg ada sih itu..
    hahahahahaha.. :D :D

    BalasHapus
  19. harus hati2 pilih ikan sapu2 sama sioamaynya juga nih..

    BalasHapus
  20. Wah harus hati2 nih demi kesehatan diri....

    BalasHapus
  21. bisa jadi darah daging...perlu hati-hati...

    BalasHapus
  22. Ikan ini di rumah saya banyak sob.....malah di rumah saya ikan sapu-sapu dijual perkilonya hingga 20 ribu....nah BTW ikan sapu-sapu gimana ya rasanya kalo di makan.....

    BalasHapus
  23. Makanya mas, saya sekarang udah jarang beli siomay. Kalo pun pengen, saya biasanya cari yang harga siomaynya mahal. Soalnya kalo kayak gitu lebih terjamin :D

    BalasHapus
  24. Kang itu ikan yang biasa dipelihara di aquarium ya, kok seperti yang bersihkan lumut.

    BalasHapus
  25. wah ngeri sekalai tuh ikan sapu sapu di jadin somay . jadi takut ane makan saomay .

    BalasHapus
  26. waaa... baru tau aku ikna sapu2 bs jadi somay. jangan2 aku pernah nyicip lg. ewwww :S
    btw, kunjungi blog'ku yah. makasih :)

    BalasHapus
  27. Waahh..jadi musti lebih ati2 neh kalau beli somay..apalagi beli di abang2 somay yang pake sepeda..ngerii..ga jelas..hahahaha

    BalasHapus
  28. kalo ikannya lama dipelihara di aquarium atau kolam
    apa juga bisa mengandung bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi

    BalasHapus
  29. wah aku barusan makan tu, padahal enak lo! tapi kalau di sungai2 di desa apakah itu juga tercemar apa? mksh infonya

    BalasHapus
  30. ikan sapu _ sapu kalu diteliti tentang manfaatnya ada ak ya ??

    BalasHapus
  31. ikan sapu sapu ada manfaatnya juga.. Untuk Obat Alegi dingin bentol bentol (Giduan)tp dengan dosis tertentu tentunya

    BalasHapus
  32. kalau di jawa tempatku,ikan ini malah sebagai obat,dulu aku kena bengek dan asma,setiap hari aku makan ikan sapu2,Alhamdulillah skrang sehat dan tak pernah kambuh,bahkan jarang sakit...

    BalasHapus
  33. Saya bru saja mancing ,ternyata dpt ikan sapu-sapu trus sya kmbalikan lgi kehabitat nya,krna sya takut ikan nya mengerikan skali dan ternyta ikan itu beracun bgi mnusia..

    Salam Sapu-Sapu..

    BalasHapus
  34. Saya bru saja mancing ,ternyata dpt ikan sapu-sapu trus sya kmbalikan lgi kehabitat nya,krna sya takut ikan nya mengerikan skali dan ternyta ikan itu beracun bgi mnusia..

    Salam Sapu-Sapu..

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label

Entri Populer Mingguan