Cara Memilih Buah Pir

Khasiat terbesar buah pir tedapat pada kulitnya.
Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengupas kulit pir jika Anda ingin mengkonsumsinya.
Kebanyakan, serat yang terkandung di pir terdapat di kulitnya termasuk quercetin, yakni zat anti oksidan dan flavonoid yang memiliki efek anti radang.
Meski zat tersebut tak sebanyak yang dimiliki apel dan bawang bombai, namun masih merupakan nutrien yang baik dari pir.

Saat akan memilih buah pir, pilihlah yang tidak memar, tidak berwarna biru karena terantuk, terpotong, sudah berwarna kecoklatan atau pun yang terlihat masih muda.
Pir yang sudah cukup matang akan terasa lembut ketika ditelan.
Jika Anda membeli buah pir dan baru akan mengkonsumsinya beberapi hari stelah dibeli, pilihlah yang masih keras.
Begitu pun jika Anda akan menggunakannya untuk bahan kue panggang.
Buah pir yang sudah matang harus dikonsumsi dalam waktu sehari atau dua hari.

Biarkan buah pir matang dalam kondisi udara ruangan.
Jika ingin membuatnya cepat matang, sandingkan dengan buah apel, karena buah apel melepaskan gas etilen ke udara yang membuat buah-buahan lain di sekitarnya matang lebih cepat.
Untuk mendapatkan efek anti oksidan terbaik, konsumsi pir ketika ia berada dalam kondisi paling matang, karena kulitnya sangat tipis.
Jadi berhati-hatilah jika akan membawa buah pir untuk dimakan di lain tempat.

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Cara Memilih Buah Pir"

  1. Ingin buah pir cepat matang ya didekatkan saja dengan buah apel biar cepat masaknya

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya biasanya ane kalo dah dibeli taroh dikulkas dan makannya kapan aja

    ReplyDelete
  3. selalu bermanfaat gan. ditunggu tips-tips selanjutnya :)

    ReplyDelete
  4. klo pilih yg manis caranya gmn sob?

    ReplyDelete
  5. berarti kalo beli buah pir harus beli apel juga dong gan?

    ReplyDelete
  6. Thank ya tip nya.....tapi kadang susah juga nyari yg manis....

    ReplyDelete
  7. oh ya gan

    kalo misalnya beli buah di tempat supermarket yang ad freezernya,bagus kagak yach??

    ReplyDelete
  8. tipsnya bermanfaat dan setuju banged, cocok sekali karena sudah saya buktikan. Intinya pilih yg mulus dan masih keras maka dalamnya pasti segar dan mak nyuss
    *saat milih sebaiknya buka bungkus pelindung, cek kondisi buah*

    ReplyDelete
  9. wah untung aku malesss ngupas kulitnya wkwkw :D

    ReplyDelete
  10. Tips bagus gan, buah pir mudah membusuk pada bagian tengah buah akibat panas matahari, kebanyak terjadi pada pedagang di pinggir jalan.. :)

    ReplyDelete
  11. buset deh,,..
    pintar amat ente bro..
    keren :) :) :)
    selamat malam

    ReplyDelete
  12. sayangnya i ta minat mkn buah pir :(

    ReplyDelete
  13. wkwkwk..
    mantap semua tips2nya di blog ini sangat bermanfaat.
    di tunggu tips-tips yang lainya bang,

    ReplyDelete
  14. wahh,, ternyata banyak yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi buah pir nih,,,

    ReplyDelete
  15. viuuh.. llihat buah pir jadi ngiler nie.. hehe
    buah pir emang segar mas apalagi kalau dingin2 pas siang.. :)

    ReplyDelete
  16. info yg bagus kawan, terima kasih ya..

    ReplyDelete